Manfaat blimbing wuluh untuk Kesehatan dan Kecantikan

DariBuahDaun-Belimbing wuluh merupakan buah dengan rasa khas, yakni asam. Belimbing wuluh biasanya diolah menjadi campuran sayur asem, pepes, atau bisa juga dijadikan minuman dan manisan. Selain buahnya, daun dan bunga belimbing juga bermanfaat untuk kesehatan. Mungkin tak banyak orang memanfaatkan buah belimbing wuluh, karena rasanya memang asem menyengat, karenanya kebanyakan buah belimbing wuluh dibiarkan saja berjatuhan di tanah.
Padahal dibalik rasanya yang tidak terlalu menarik tersebut, ada banyak manfaat yang  tersimpan dari belimbing wuluh, diantaranya adalah untuk membersihkan noda membandel pada kain, mempercantik tampilan perabotan dari kuningan, membersihkan tangan dari kotoran, dan banyak manfaat lainnya untuk kesehatan serta kecantikan.
Daripada penasaran, simak manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan dan kecantikan berikut ini :

Menyembuhkan sakit batuk

Apabila Anda mengalami batuk membandel, ambillah bunga belimbing wuluh satu genggam. Rebus bersama 2 cm temu giring, 1 bh kayu manis, 1 rimpang kencur, 2 bh bawang merah. Tambahkan air 2 gelas, rebus hingga tinggal 1 gelas. Saring dan minum secara teratur 2 kali sehari. Agar lebih nikmat, Anda bisa menambahkan madu secukupnya.

Mengatasi Jerawat

Agar kulit wajah bebas jerawat dan mulus, Anda bisa menjadikan belimbing wuluh sebagai masker. Ambil satu genggam, lalu tumbuk hingga halus bersama satu sendok garam. Oleskan ke wajah secara merata, lalu diamkan sebentar dan bilas hingga bersih.

Memutihkan dan menguatkan kuku

Ingin punya kuku bersih dan kuat? Biasakan membersihkan ujung kuku menggunakan belimbing wuluh secara teratur. Niscaya kuku akan bersih dan tumbuh kuat.

Menyembuhkan panu

Panu sangat mengganggu dan menyiksa seseorang. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengambil  3 bh belimbing wuluh untuk dihaluskan bersama kapur sirih. kemudian Anda bisa menggosokkan ke kulit yang terkena panu. lakukan secara teratur agar hasil maksimal.

Menyembuhkan Sariawan

Mengatasi sariawan bisa dilakukan dengan bunga belimbing wuluh. Caranya adalah dengan menyiapkan segenggam bunga belimbing, merebusnya bersama gula jawa dan 2 gelas air. saring dan gunakan untuk berkumur atau membersihkan luka sariawan.

Mengatasi sakit pegal dan linu

Caranya adalah dengan mencampur segenggam daun belimbing bersama 10 biji cengkeh, 10 lada bubuk, dan tambahkan sedikit cuka. Lalu oleskan ke daerah luka yang mengalami cedera sembari diurut pelan-pelan.
Selain manfaat yang disebutkan diatas, masih banyak yang lainnya. Lain kali disambung lagi yaa. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kita smeua yaa!
Manfaat blimbing wuluh untuk Kesehatan dan Kecantikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown