Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan dan Kecantikan

DariBuahDaun-Kalian semua pasti sudah kenal sama jeruk nipis, bukan? Yups, jeruk dengan warna hijau atau kuning yang memiliki rasa asam ini sangat kaya vitamin C dan antioksidan. Menurut penelitian, kandungan vitamin C dalam buah jeruk nipis lebih tinggi dibandingkan dnegan jeruk jenis lainnya. Selain itu, jeruk nipis juga mengandung asam amino, asam sitrat, zat besi, fosfor, kalsium, fosfor, Vitamin B1,mineral, sulfur, minyak atsiri, dan lain sebagainya.
Berbagai kandungan nutrisi dalam jeruk nipis membuatnya ampuh dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan. Nah, agar lebih jelasnya, simak terus penjelasannya dalam artikel ini.

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan

Ada beberapa penyakit bisa disembuhkan dnegan jeruk nipis, antara lain : batuk, radang tenggorokan, sembelit, amandel, dan lain sebagainya. Agar lebih jelasnya, kita bahas satu per satu yaa

Melangsingkan tubuh

Pengen langsing, tapi berat badan tidak kunjung turun? Yuk atasi dengan jeruk nipis yang rendak kalori sehingga akan memperlancar proses diet Anda. Cara terbaik agar cepat berhasil adalah dengan minum air perasan jeruk nipis yang dicampur satu gelas air sebelum tidur dan pagi hari setelah bangun tidur. Dijamin lemak tubuh bakal cepat terkikis dech.

Melancarkan Pencernaan

Jeruk nipis kaya flavonoid yang membantu meningkatkan empedu, asam dan juga cairan pencernaaan dalam tubuh. Flafonoid juga membantu proses pengeluaran racun dalam tubuh.

Memenuhi kebutuhan Vitamin C

Setiap hari kita memiliki kebutuhan akan vitamin C. Nah, jeruk nipis membantu memenuhinya kebutuhan harian Anda, karena dalam setiap porsi jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C minimal 50 mg. Jadi, tidak perlu khawatir lagi bukan?

Mengatasi batuk

Batuk dan masalah tenggorokan akan sembuh total dengan rutin mengonsumsi air perasan jeruk nipis. Kandungan vitamin C dan antioksidannya membantu meningkatkan kekebalan tubuh dalam menangkal segala macam serangan penyakit.

Mengatasi sembelit

Jeruk nipis merupakan buah terbaik yang dapat membantu tubuh dalam mengeluarkan racun dari saluran usus dan membersihkannya. Selain itu jeruk nipis juga kaya serat, sehingga ampuh mencegah dan mengatasi masalah sembelit.

Mengatasi penyakit kuning

Kandungan gizi dalam jeruk nipis ampuh membantu dan meningkatkan fungsi kerja hati sehingga dapat meredakan demam dan menyembuhkan penyakit kuning.

Mengatasi masalah buang air kecil

Kandungan kalium dalam buah jeruk nipis sangat berkhasiat membersihkan racun dalam ginjal dan kandung kemih. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi air jeruk nipis, masalah infeksi kandung kemih akan cepat teratasi.

Memperkuat sistem imunitas tubuh

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam jeruk nipis membuatnya ampuh menangkal radikal bebas dan memperkuat system imunitas tubuh dalam menangkal serangan berbagai penyakit.

Mengobati Amandel

Sakit amandel bisa diatasi dnegan jeruk nipis. Caranya adalah dengan menyiapkan 3 buah jeruk nipis, potong kecil-kecil, lalu rebus dnegan dua gelas air, kemudian gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur-kumur. Lakukan secara teratur agar hasil lebih maksimal.
Nah, setelah kita membahas masalah jeruk nipis untuk kesehatan, kini saatnya kita bahas jeruk nipis untuk kecantikan.

Mencerahkan kulit

Untuk mendapatkan kulit putih dan cerah, Anda bisa memanfaatkan jeruk nipis yang kaya vitamin C. Caranya dengan rutin mengoleskan jeruk nipis ke wajah secara merata, diamkan sebentar, lalu bilas dnegan air hangat dan dingin secara bergantian.

Menghilangkan Jerawat

Jerawat membandel memang mengganggu, untuk mengatasinya Anda bisa lakukan dua cara ampuh. Pengobatan dari dalam bisa dilakukan dnegan rutin meminum air perasan jeruk nipis, lalu gunakan sisanya untuk mengoleskan pada wajah secara merata. Dengan begitu, pori-pori kulit akan mengecil, kulit juga akan lebih cerah dan halus.

Merawat Kesehatan Rambut

Jeruk nipis tidak hanya bagus untuk kulit, tapi juga keindahan dan kesehatan tambut Anda. Beberapa masalah rambut yang dapat diatasi dnegan jeruk nipis, antara lain : rambut berminyak, berketombe, dan masalah kerontokan rambut. Caranya sangat mudah, yakni dnegan mengolesi rambut dan kulit kepala dnegan air jeruk nipis, mendiakan sebentar, lalu bilas hingga bersih.
Mengatasi masalah Bau Badan
Siapa sich yang tidak terganggu dnegan masalah bau badan. Tapi jangan putus asa, karena kita bisa mengatasinya dnegan mudah, yakni dengan menggosokkan potongan jeruk nipis ke ketiak. Maka masalah bau badan akan menjauh.
Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.
Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan dan Kecantikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown