Manfaat Bunga Sepatu Untuk Kesehatan dan Kecantikan

DariBuahDaun-Anda pasti tidak asing dengan bunga sepatu bukan? Bunga sepatu termasuk bunga yang indah dengan warna yang beragam, dari mulai merah, ungu, kuning, putih, merah muda, dan lainnya. Bunga dengan nama latin Hibiscus rosa-sinensis tidak hanya indah, namun menyimpan banyak manfaat. Selain berfungsi sebagai tanaman hias, bunya ini juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan.

Kandungan Nutrisi dalam Bunga sepatu

Seluruh bagian tanaman bunga sepatu, dari mulai bunga, daun dan akarnya bisa dimanfaatkan untuk kesehatan. Pada bagian daun terkandung polifenol dan zat  saponin, bunganya mengandung polifenol dan flavonoid, akarnya mengandung zat flavonoid, tanin dan saponin. Kandungan yang terdapat dalam bunga sepatu, diantaranya : Vitamin A, vitamin C, kalsium, protein, asam amino. Selain itu kelopak bunga sepatu memiliki efek diuretic, melancarkan peredaran darah, tonik, mencegah tekanan darah tinggi dan berfungsi sebagai obat kuat. 

Menikmati Bunga sepatu

Bunga sepatu bisa dinikmati dengan berbagai cara, diantaranya dijadikan selai, dikeringkan dan diseduh seperti teh, atau dnegan cara lainnya.

Manfaat Bunga sepatu untuk kesehatan dan kecantikan

Meredakan demam

Akar bunga sepatu berkhasiat membantu meredakan demam. Caranya dengan mengambil  akarnya, cuci bersih, lalu rebus bersama air secukupnya selama 30 menit. Setelah disaring, Anda bisa meminumnya secara rutin.

Mengobati batuk dan pilek

Daun bunga sepatu bisa dimanfaatkan untuk mengencerkan dahak dan meredakan batuk. Caranya dengan rutin meminum air rebusan daun bunga sepatu yang sudah direbus. Selain itu, kandungan vitamin Cnya membantu meningkatkan kekebalan tubuh untuk menangkal penyakit.

Mengobati Brokhitis

Masalah bronkhitis juga bisa diatasi dnegan bunga sepatu. Caranya dnegan merebus bunga sepatu dan meminum air rebusannya.

Mengatasi sakit kepala

Sakit kepala juga bisa disembuhkan dengan bunga sepatu. Caranya dnegan merebus daun bunga sepatu dan jadikan air rebusannya sebagai kompres untuk kepala.

Mengeluarkan racun

Kandungan antioksidan tinggi pada kelopak bunga sepatu membantu mengeluarkan racun tubuh (detoksifikasi). Selain itu juga membantu menurunkan kolesterol dan asam urat.

Mencegah penuaan dini

Kandungan antioksidan dan vitamin C dalam bunga sepatu sangat baik untuk mencegah efek penuaan dini dan menjadikan kulit lebih awet muda

Mengatasi jerawat

Sifat anti inflamasi dari bunga sepatu membantu mengatasi masalah jerawat membandel. Anda bisa menjadikan kelopak bunga sebagai masker atau dengan menggosokkan secara langsung pada kulit.

Menghaluskan kulit

Bunga sepatu bermanfaat mengangkat sel kulit mati sehingga kulit menjadi lebih halus dan lembut. Caranya dnegan menggosokkan bunga sepatu pada wajah dan leher.
Wah.. ternyata banyak sekali manfaat bunga sepatu ya. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Manfaat Bunga Sepatu Untuk Kesehatan dan Kecantikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown