Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan dan Kecantikan

DariBuahDaun - Siapa sich yang tidak kenal daun kemangi? Sayuran dengan nama latin Ocimum basilicum ini biasanya dijadikan lalapan, karena memiliki aroma yang khas sehingga sangat cocok menemani aneka hidangan keluarga. Sebenarnya, kemangi tidak hanya bermanfaat sebagai menambah aroma masakan, tapi juga bagi kesehatan dan kecantikan.
Tanaman kemangi bisa dikatakan sangat mudah tumbuh di semua tempat, namun lebih baik pada daerah yang dingin karena umumnya lebih subur. Di Indonesia sendiri, kita sering menemui kemangi dimanfaatkan untuk teman aneka penyetan, pepes, dan lainnya.

Kandungan Gizi Daun Kemangi

Daun kemangi seringkali dikonsumsi sebagai campuran sayuran atau sebagai lalapan mentah. Sebenarnya, apa saja sich kandungan gizi yang terdapat dalam kemangi? Ternyata, daun kemangin memiliki kandungan gizi, antara lain : protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, zat besi,  Vitamin A, Vitamin B1, dan Vitamin C.
Selain kandungan diatas, kemangi juga memiliki komponen non gizi yang penting untuk kesehatan, diantaranya : senyawa flavonoid, minyak atsiri, eugeno;, arginin, anetol dan boron. Senyawa tersebut bersifat antioksidan yang membantu menangkal radikal bebas, anti mikroba yang membantu mencegah masuknya virus, bakteri, dan jamur.

Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan dan kecantikan

Mungkin sebagian dari Anda hanya memahami manfaat kemangi sebagai penambah aroma masakan. Padahal manfaat kemangi sangat luar biasa besar untuk kesehatan dan kecantikan. Agar lebih jelasnya, intip sja yuk..

Menyehatkan Mata

Kandungan vitamin A yang terdapat dalam kemangi memang tidak setinggi wortel, namun cukup ampuh menjaga kesehatan mata. Anda bisa mengonsumsi sebagai lalapan, campuran sayur, atau minuman.

Mengatasi keputihan

Sifat antimikroba dalam daun kemangi sangat baik untuk mengatasi virus, jamur dan bakteri dalam tubuh, termasuk penyebab keputihan.

Meningkatkan kesuburan

Kandungan arginin dalam daun kemangi  dipercaya mampu meningkatkan  daya tahan sperma dan mencegah risiko kemandulan. Selain itu senyawa boron dan atenolnya juga sangat  bagus untuk menjaga kesehatan reproduksi pria dan wanita.

Mengatasi Batuk dan Pilek

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam kemangi  membantu meningkatkan daya tahan tubuh dalam menyerang virus penyebab penyakit batuk dan pilek. Seduh daun kemangi kedalam air hangat dan rasakan sensasinya.

Mengatasi Bau Mulut dan bau badan tak sedap

Ingin tampil cantik tanpa gangguan bau mulut dan bau badan? Rutin mengonsumsi kemangi akan membantu mengatasi masalah bau badan dan mulut. Anda boleh mengonsumsinya secara langsung atau untuk mengatasi bau badan, Anda bisa menumbuknya hingga halus dan mengoleskannya pada ketiak.

Mengatasi penyakit akibat infeksi

Kandungan minyak atsiri dalam kemangi berkhasiat mencegah pertumbuhan mikroba penyebab penyakit dan menangkal infeksi akibat serangan virus.

Mencegah menopause dini

Kandungan sam amino triptofan dalam kemangi bermanfaat untuk menghambat menopause dini. Selain itu, Arginin dalam kemangi juga berkhasiat memperkuat daya hidup sel sperma.

Melancarkan ASI

Mengonsumsi daun kemangi sebagai lalapan dipercaya mampu melancarkan ASI, karena itu banyak ibu menyusui yang memanfaatkannya.
Selain manfaat yang disebutkan diatas, ternyata masih banyak manfaat lain dari daun Kemangi. Semoga bermanfaat yaa!
Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan dan Kecantikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown