Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan dan Kecantikan

DariBuahDaun-Lengkuas atau sering disebut sebagai laos merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang dimanfaatkan sebagai bumbu dapur. Meski demikian, tanaman umbi yang tumbuh subur di dataran rendah ini tidak hanya bisa dimanfaatkan sebagai bumbu dapur saja, melainkan untuk kesehatan dan kecantikan Anda. Lengkuas (Langkuas galangal (L) dibedakan menjadi dua jenis, yakni lengkuas berimpang putih dan merah. Lengkuas merah dipercaya memiliki khasiat yang lebih untuk pengobatan.

Kandungan Lengkuas

Lengkuas memiliki kandungan kimia yang sangat penting untuk tubuh Anda, diantaranya : minyak atsiri, antioksidan, alpine, galangol, kamper, dan berkhasiat anti bakteri dan jamur. Semua kandungan kimia dalam lengkus tersebut membuatnya cocok untuk menambah nafsu makan, detoksifikasi tubuh, mengencerkan dahak, meningkatkan gairah seksual, dan lain sebagainya.
Nah, agar lebih jelasnya, simak berbagai manfaat lengkuas untuk kesehatan dan kecantikan berikut ini :

Mengatasi masalah Sakit Perut

Lengkuas dapat mencegah Anda dari sakit perut akibat bakteri, masalah pencernaan, dan masuk angina. Meskipun sakit perut bukan masalah yang berat, namun tetap saja mengganggu aktivitas Anda. Untuk itu, Anda bisa mencegah dan mengatasi sakit perut dengan lengkuas, misalnya dijadikan minuman atau campuran makanan.

Mengatasi Mabuk kendaraan

Anda suka mabuk kendaraan? Jika ya, pastilah Anda berusaha mengatasinya bukan. Nah, tidak perlu repot, karena Anda bisa memanfaatkan lengkuas untuk mengatasi masalah mabuk kendaraan. Lengkuas berkasiat menenangkan tubuh, terutama perut sehingga masalah mual dan muntah bisa teratasi dengan baik.
Membersihkan racun tubuh (Detoksifikasi)
Kandungan antioksidan yang tinggi pada lengkuas membuatnya ampuh membantu membersihkan racun dalam tubuh (detoksifikasi) sehingga tubuh akan lebih sehat dan terhindar dari kerusakan sel tubuh yang memicu timbulnya penyakit berbahaya.

Memudarkan Bekas Luka

Luka bakar memang mengganggu, karena sering meninggalkan bekas menghitam atau keropeng pada kulit. Untuk mengatasinya, Anda bisa memanfaatkan lengkuas, karena kandungan anti septiknya ampuh mencerahkan dan menghaluskan kulit dari dalam. cara penggunaannya adalah dnegan menghaluskan lengkuas, kemudian mengoleskannya secara merata pada bekas luka.

Menjaga kecantikan kulit wajah

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam lengkuas sangat berkhasiat untuk menutrisi kulit dan mencegah kerusakan kulit akibat paparan radikal bebas. Jadi lengkuas bisa membuat kulit menjadi halus, lembut, cerah, dan awet muda.
Semoga manfaat lengkuas yang kita sajikan diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi kita semua.
Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan dan Kecantikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown