Manfaat Luar Biasa Kayu Manis untuk Kesehatan

DariBuahDaun-Kayu manis yang memiliki nama Latin cinnamon umumnya hanya dimanfaatkan sebagai bahan untuk menambah aroma makanan atau minuman. Meskipun tidak memiliki rasa manis sebagaimana namanya, ternyata Kayu Manis memiliki khasiat yang manis untuk kesehatan. Bahkan berbagai penelitian menemukan jika Kayu manis dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit. (Rahasia Manfaat Kulit Pisang untuk Kecantikan)

Kandungan Nutrisi dalam Kayu Manis

Hem, mungkin sebagian dari Anda merasa heran, bagaimana mungkin kayu manis yang terlihat biasa saja memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan. Ternyata didalam kayu manis terdapat beberapa kandungan nutrisi yang bagus untuk kesehatan, diantaranya : Protein, Energi, lemak, karbohidrat, serat, kalium, sodium dan masih banyak yang lainnya. Yang paling istimewa adalah, Protein dalam kayu manis bernama TAU yang berfungsi untuk membentuk struktur sel saraf dan menjaganya agar mampu berfungsi dengan baik. Selain itu, terdapat pula kandungan cinnamaldehyde dan epicatechin yang merupakan antioksidan kuat yang berkhasiat mencegah penggumpalan protein tau.
Manfaat Kayu manis untuk Kesehatan
Melihat kandungan nutrisi didalamnya, tidak ada salahnya jika Anda menambahkan kayu manis dalam masakan Anda. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa manfaat kayu manis untuk kesehatan berikut ini :

1. Mengontrol kadar gula darah

Kandungan antioksidan dalam kayu manis ampuh membantu mengontrol tingkat gula darah sehingga risiko penyakit diabetes dapat diturunkan. Selain itu, mengonsumsi air rebusan kayu manis juga membantu mengurangi penderita diabetes, yakni : menurunkan kadar gula darah, trigliserida, dan kolesterol.

2. Anti Infeksi

Kandungan anti infeksi natural dalam kayu manis dapat membantu menetralisir bakteri dalam tubuh yang menjadi penyebab penyakit, misalnya : maag.

3. Meningkatkan aktivitas otak

Aroma khas kayu manis dapat membantu meningkatkan aktivitas otak, mislanya : konsentrasi, daya ingat, dan kecepatan bekerja.

4. Menurunkan kolesterol

Kandungan kalsium, serat dan mineral penting dalam kayu manis sangat bagus untuk menjaga kesehatan pencernaan dan menurunkan kolesterol yang meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

5.  Mencegah kanker

Disebutkant dalam sebuah penelitian yang dipublis oleh para peneliti U.S. Department of Agriculture in Maryland, bahwa kayu manis ampuh mengurangi proliferasi leukimia dan sel-sel kanker lymphoma.

6.  Mengatasi masalah kesuburan

Kandungan Senyawa cinnamaldehyde pada kayu manis bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah yang berhubungan dengan ketidaksuburan atau infertilitas.
Besarnya manfaat yang terdapat dalam kayu manis membuat rempah yang satu ini harus ada dalam daftar belanja Anda. Semoga bermanfaat.
Manfaat Luar Biasa Kayu Manis untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown