Manfaat dan Bahaya Buah Belimbing Bagi Kesehatan

Daribuahdaun - Sering menikmati kesegaran buah Belimbing? Buah belimbing termasuk salah satu buah cukup populer di kalangan masyarakat, karena rasanya yang manis dan segar serta kandungan nutrisinya tinggi. Buah yang memiliki bentuk seperti bintang ini tidak hanya bisa dikonsumsi secara langsung, tapi bisa dijadikan jus atau manisan. Ternyata buah belimbing memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan dan kecantikan. Hal itu sangat jelas, karena Belimbing mengandung nutrisi penting, antara lain : karbohidrat, Vitamin B6, Vitamin C, Vitamin E, protein, kalsium, serat, potasium dan zat besi. Meski begitu, Jika Anda menderita penyakit tertentu, konsumsi belimbing bisa memperburuk kondisi Anda, oleh karena itu simak terus kelanjutan artikel berjudul Manfaat dan Bahaya Buah Belimbing Bagi Kesehatan.
Sebelum kita membahas bahaya buah belimbing, ada baiknya kita simak beberapa manfaat buah belimbing untuk kesehatan, berikut ini :

Meningkatkan nafsu makan

Belimbing mengandung Vitamin A dan retinol yang berkhasiat membantu merangsang nafsu makan seseorang. Jika Anda sedang merasa kurang nafsu makan, konsumsi beberapa potong buah belimbing, dijamin  nafsu makan akan membaik. (Sembuhkan Bintitan dnegan Cara ALami)

Menjaga kecantikan kulit

Kandungan nutrisi dalam belimbing bermanfaat menjaga kecantikan kulit. Untuk perawtaan dari dalam, Anda bisa mengonsumsinya dan untuk perawtaan dari luar, Anda bisa menjadikannya sebagai masker wajah. Adapun khasiatnya untuk kulit, antara lain : mengontrol kadar minyak pada kulit, mengatasi komedo, mengecilkan pori-pori dan membuat kulit cerah bersinar. (Awas, Ini Penyebab Pecahnya Pembuluh Darah di Otak)

Mencegah kanker

Kandungan antioksidan dalam buah belimbing dapat membantu menangkal paparan radikal bebas yang memicu kanker. (CAra Menghindari Komplikasi Diabetes)

Menurunkan tekanan darah

Bagi Anda yang berpotensi memiliki tekanan darah tinggi, cobalah menormalkannya dengan buah belimbing. (9 Makanan yang Tidak Boleh Dimasukkan Kulkas)

Menyehatkan pencernaan

Kandungan serat alami dalam buah belimbing berkhasiat menyehatkan pencernaan sehingga Anda terhindar dari gangguan pencernaan, misalnya : sembelit, susah buang air besar. (Tujuh Penyebab ANyang-Ayangan yang Wajib Anda Tahu)

Bahaya Belimbing Bagi Kesehatan

Dibalik manfaatnya yang luar biasa bagi kesehatan, ternyata buah Belimbing juga bisa membahayakan kesehatan loh, terutama jika dikonsumsi seseorang yang mengidap penyakit tertentu, misalnya :

Sakit ginjal

Belimbing memang memiliki kandungan banyak air, namun belimbing mengandung asam oxalate yang apabila dikonsumsi berlebihan dapat membahayakan kondisi  ginjal, karena ginjal tidak mampu menyaring zat tersebut dan membuangnya.

Sakit kolesterol tinggi atau diabetes

Penderita penyakit tersebut juga disarankan untuk membatasi konsumsi belimbing, karena kandungan gula yang tinggi sehingga kurang baik bagi kesehatannya.

Sakit hipertensi

Belimbing memang mampu membantu menurunkan tekanan darah, meski begitu didalamnya juga terdapat racun saraf atau neurotoksin yang bisa membahayakan kinerja otak dan juga syaraf.
Semoga informasi tentang manfaat dan bahaya buah belimbing untuk kesehatan diatas dapat bermanfaat bagi kita smeua.
Manfaat dan Bahaya Buah Belimbing Bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown