Manfaat Luar Biasa Daun Pepaya dan Efek Sampingnya yang Wajib Anda Tahu

Daribuahdaun - Anda pasti sudah tidak asing dengan buah pepaya, bukan? Ternyata selain buahnya, kita juga bisa memanfaatkan daun pepaya looh. Daun pepaya muda bisa diolah menjadi aneka hidangan lezat yang menggugah selera. Namun sayangnya, rasa pahit dari daun pepaya membuat kebanyakan orang mengurungkan niat untuk mengonsumsinya. Padahal dibalik rasa pahitnya, terdapat kandungan nutrisi yang luar biasa, diantaranya : Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Vitamin D, Vitamin E, protein, kalsium, fosfor, zat besi, lemak dan masih banyak yang lainnya. Semua kandungan yang terdapat pada daun pepaya sangat berkhasiat bagi kesehatan.
Dengan sedikit trik, daun pepaya bisa diolah menjadi aneka hidangan yang lezat dan tidak pahit loh. Jadi alangkah ruginya jika hanya karena alasan pahit, Anda harus melewatkan berbagai manfaat luar biasa  dari daun pepaya. Agar lebih jelasnya, simak manfaat luar biasa daun pepaya bagi kesehatan berikut ini :

Menjaga system kardiovaskular

Kandungaan Vitamin A, B, C, D, dan E serta kalsium yang ada dalam baun pepaya berperan sebagai antioksidan yang membantu menangkal radikaal bebas sehingga sangat bagus untuk menjaga kesehatan system kardiovaskular.

Mencegah dan menyembuhkan kanker

Banyak penelitian yang menyebutkan jika daun pepaya mengandung enzim tertentu yang membantu melawan sel kanker, baik kanker paayudara, kanker leher Rahim,kaanker paru-paru tanpa efek toksik pada tubuh.

Menyehatkan pencernaan

Daun pepaya mengandung banyak bahan aktif yang membantu menghilangkan microorganism yang merugikan dalam tubuh, antara lain :bakteri, cacing, parasite,jamur dan berbagai zat yang merugikan pencernaan. Selain itu, kandungan tannin dalam daun pepaya juga ampuh melindungi usus dari infeksi akibat cacing.

Meningkatkan system kekebalan tubuh

Kandungan alami dalam daun pepaya, seperti Vitamin A, C dan E sangat bagus untuk membantu meningkatkaan system kekebalan tubuh.

Mencegah Malaria dan Demam berdarah

Daun pepaya bermanfaat untuk mencegah dan mengobati penykit malaria dan demam berdarah. Kandungan enzim papain dalam daun pepaya berkhasiat meningkatkan trombosit. Selain itu, dalam daun pepaya juga terkandung zat penghilang rasa sakit, seperti ibuprofen dan aspirin.

Menjaga kecantikan kulit dan rambut

Daun pepaya juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga kecantikan kulit, diantaranya : mencegah dan mengatasi jerawat/flek hitam, conditioner yang menyehatkan rambut, menghilangkan ketombe dan rambut.

Efek Samping Daun Pepaya yang Wajib Anda tahu

Dibalik manfaatnya yang luar biasa,ternyata ada efek samping dari daun pepaya yang wajib Anda tahu. Oleh karena itu, pastikan Anda berhati-hati dalam mengolahnya yaa. Agar lebih jelasnya, simak efek samping daun pepaya berikut ini :
•    Getah daun pepaya memiliki sifat irritant terhadap kulit, jadi jika Anda memiliki kulit yang sensitive harap berhati-hati saat mengolahnya, karena bisa menimbulkan kerusakan dan mengiritasi kulit.
•    Kandungan Vitamin C dan gas yang tinggu pada daun pepaya dapat berisiko menyebabkan perut kembung dan begah.
•    Senyawa yang terdapat dalam getah pepaya dapat merangsang gastritis berat,asma dan rhinitis.
Semoga informasi yang berjudul Manfaat Luar Biasa Daun Pepaya dan Efek Sampingnya yang Wajib Anda Tahu diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.
Manfaat Luar Biasa Daun Pepaya dan Efek Sampingnya yang Wajib Anda Tahu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown