10 Manfaat sayur Asparagus Bagi Kesehatan

Daribuahdaun-Asparagus merupakan sejenis sayuran yang berbentuk batang muda mirip rebung dan memiliki citarasa tinggi. Asparagus memiliki nama latin Asparagus officinalis mengandung nutrisi penting yang berkhasiat untuk kesehatan, diantaranya : Vitamin A, Vitamin B6, Vitamin C, Vitamin E, vitamin K, asam folat, kalsium, magnesium, protein, serat, thiamin, rhiboflavin, zat besi, fosfor, seng tembaga, kalium, selenium dan lain sebagainya. Banyaknya kandungan nutrisi dalam sayur asparagus, membuat sayuran yang satu ini sangat direkomendasikan untuk semua kalangan.
Ingin tahu, apa saja manfaat sehat dari Asaragus? Simak 10 Manfaat sayur Asparagus Bagi Kesehatan berikut ini :

1.    Menjaga sirkulasi darah agar tetap normal

Kandungan Vitamin K dalam asparagus sangat bagus untuk menjaga sirkulasi darah agar tetap normal sehingga kesehatan tubuh  lebih terjaga.

2.    Menjaga Kadar Gula Darah

Kandungan serat yang tinggi serta Vitamin B6 dapat membantu menjaga kadar gula darah dalam kondisi stabil sehingga sangat direkomendasikan untuk mencegah diabetes.

3.    Menjaga kecantikan kulit

Asaragus mengandung Antioksidan glutathione yang berfungsi menghambat penuaan dini, mencegah kerutan, noda hitam dan membuat kulit tetap cantik dan sehat.

4.    Mencegah Batu Ginjal

Asaragus mengandung manfaat sebagai diuretic alami yang membantu mengeluarkan toksin dalam ginjal sehingga penyakit batu ginjal bisa dihindari. Selain itu, juga berfungsi membantu mengeluarkan kelebihan garam dan cairan berlebih ada tubuh sehingga risiko enyakit hiertensi ikut menurun.

5.    Menjaga Kesehatan Kehamilan

Asparagus kaya akan kandungan asam folat dan beragam nutrisi yang bagus untuk menjaga kesehatan kehamilan dan tumbuh kembang janin  dalam kandungan. Kandungan asam folat juga membantu mencegah bayi lahir cacat atau keguguran.

6.    Mencegah penyakit kanker

Asparagus mengandung antioksidan tinggi yang bagus untuk menangkal radikal bebas yang menjadi salah satu pemicu penyakit kanker.

7.    Menjaga kesehatan jantung

Asparagus mengandung asam folat, kalium serta nutrisi lainnya yang bagus untuk menjaga kesehatan sistem kardiovaskular. Dengan rutin mengonsumsi asparagus, kesehatan jantung akan lebih terjaga.

8.    Menurunkan risiko Diabetes Tipe 2

Asparagus mengandung manfaat sebagai antioksidan dan anti inflamasi sehingga risiko penyakit diabetes tipe 2 akan menurun.

9.    Menjaga kesehatan pencernaan

Kandungan serat alami dan protein dalam asparagus sangat bagus untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

10.    Mengurangi Resiko Kanker Usus

Asparagus mengandung inulin yang meruakan sejenis serat alami yang menjaga sistem pencernaan. Inulin meruakan prebiotik alami yang membantu membunuh bakteri dalam usus, membantu memaksimalkan enyerapan nutrisi dalam tubuh serta mencegah penyakit kanker usus.
Hem, dibalik beragam manfaat sehat dari asparagus, ternyata ada juga efek samping yang mesti diwaspadai, antara lain : menyebabkan perut kembung, air seni berbau menyengat, menyebabkan alergi bagi sebagian orang. Semoga informasi yang berjudul 10 Manfaat sayur Asparagus Bagi Kesehatan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.
10 Manfaat sayur Asparagus Bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown