12 Buah dan Sayur Penurun Kolesterol

Daribuahdaun-Hampir semua orang pasti sudah tahu bahaya yang ditimbulkan akibat kolesterol tinggi. Bahkan, banyak kematian mendadak akibat penyumbatan pembuluh darah oleh kolesterol jahat pada jantung. Oleh karena itu, sudah selayaknya kita mengubah pola makan yang lebih sehat agar kolesterol tidak mengendap dan menyumbat dalam pembuluh darah. Sebenarnya keberadaan kolesterol juga diperlukan oleh tubuh dalam rangka membangun dinding sel dan membantu pembuatan hormon. Akan tetapi jika jumlahnya berlebihan dalam tubuh justru mengakib atkan berbagai penyakit kronis, misalnya : jantung dan stroke.
Penyebab meningkatkan kolesterol dalam darah sendiri sangat beragam, salah satunya adalah pola makan yang tidak sehat, misalnya : makanan yang mengandung lemak jahat dan lemak jenuh. Mengingat besarnya bahaya kolesterol bagi tubuh, maka sudah selayaknya kita berusaha mengantisipasinya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi buah dan sayur penurun kolesterol. Apa sajakah buah dan sayuran yang berkhasiat menurunkan kolesterol? Simak informasi 12 Buah dan Sayur Penurun Kolesterol berikut ini : (Bersihkan Usus dengan 7 Buah-buahan Ini)

1.    Alpukat

Alpukat termasuk satu buah yang mengandung lemak baik dan serat yang ampuh menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang merusak kesehatan tubuh. (Kenali Ciri-Ciri Tahu Berformalin yaang Bahyaakan Kesehatan)

2.    Tomat

Tomat mengandung senyawa likopen yang merupakan antioksidan terkuat yang berkhasiat menurunkan kadar kolesterol dalam darah sehingga mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. (Kenali Lima Ciri Urine Ginjal Bermasalah)

3.    Apel

Apel termasuk buah terbaik untuk menurunkan kolesterol, karena kandungan polifenol, pectin dan beta glucan. (8 Makanan Halal yang Merugikan Kesehatan)

4.    Mangga

Buah mangga tidak hanya nikmat, tapi juga mengandung vitamin, pectin, dan serat prebiotic yang ampuh menurunkan kadar kolesterol jahat.  (Atasi Angin Duduk dengan Lima Cara Ini Sebelum Terlambat)

5.    Jambu Merah

Jambu merah mengandung vitamin dan senyawa baik, seperti likopen dan flavonoida yang ampuh membantu menurunkan kadar kolesterol jahta dan trigliserida.

6.    Anggur

Buah anggur kaya akan serat dan senyawa penting, seperti : flavonoida dan Catechin yang berkhasiat menurunkan kolesterol jahat dan  meningkatkan kolesterol baik  sehingga sangat bagus  untuk  tubuh. (Kumpulan Resep Ayam yang Nikmat dana Menggugah Selera)

7.    Blueberry

Buah blueberry mengandung senyawa aktif bernama Pterostilbene yang ampuh membantu menurunkan kadar kolesterol dan lemak daalam tubuh.

8.    Delima

Buah delima kaya antioksidan yang membantu mengurangi timbunan plak pada arteri sehingga sangat bagus dikonsumsi secara rutin oleh seseorang yang memiliki kolesterol tinggi, penyaait jantung dan stroke. (Kumpulan Resep Sambal Enak dan Menggugah Selera)

9.    Jeruk

Jeruk kaya akan Vitamin C yang berperaan sebagai antioksidan yang ampuh menangkal radikal bebas dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) sehingga kolesterol jahat akan menurun dan tubuh jadi lebih sehat.

10.    Belimbing

Belimbing termasuk buah yang kaya vitamin dan serat sehingga sangat membantu tubuh dalam proses penyerapan lemak sekaligus menurunkan kolesterol jahat.

11.    Kol/Kembang kol

Kandungan vitamin dan  serat tinggi yang ada dalam Kembang kol dan kol sangat ampuh menjaga kesehatan pencernaan dan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

12.    Lobak

Lobak Kaya akan vitamin C dan pastinya enzim diatase yang ampuh membantu kinerja sistem pencernaan dan mencegah penumpukan lemak jahat, termasuk kolesterol pada jaringan tubuh.
Selain rutin mengonsumsi buah dan sayuran penurun kolesterol diatas, pastikan lengkapi dengan olahraga rutin dan hindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi, seperti : gorengan, jerohan, telur puyuh, cumi, kepiting, mentega, makanan instan dan lain sebagainya. Semoga informasi yang berjudul 12 Buah dan Sayur Penurun Kolesterol diatas dapat bermanfaaat baagi kita semua.

12 Buah dan Sayur Penurun Kolesterol Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown