Manfaat Luar Biasa Kecipir untuk Kesehatan

DariBuahdanDaun - Pernahkah Anda mendengar tentang sayur bernama Kecipir? Kecipir termasuk jenis polong-polongan yang mirip dengan buncis dan kacang panjang, karena memiliki  pohon yang merambat. Kecipir memiliki sebutan yang berbeda di beberapa wilayah, yakni : cipir (Jawa), Kceper (Madura), kacang belimbing (Sumatera), jaat (Sunda), botor (Ambon), kelongkang (Bali) dan lainnya. Sayur kecipir muda biasanya dijadikan lalapan, sayur urap, tumis atau sayuran berkuah lainnya. Meskipun sayuran yang satu ini terlihat kurang populer dibandingkan dengan sayuran lainnya, namun jangan pernah memandang sebelah mata, karena didalamnya mengandung nutrisi  tinggi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Kandungan Nutrisi Kecipir

Meskipun terlihat sepele, namun jangan pernah  meremehkan kecipir, karena didalamnya terdapat kandungan nutrisi, antara lain : Vitamin A, Vitamin C, asam folat, niacin, riboflavin, thiamin, protein, lemak, kalsium, fosfor, kalium, mangan, zink, dan lainnnya.

Manfaat luar biasa Kecipir bagi kesehatan

Beragam kandungan nutrisi yang terdapat dalam kecipir membuatnya sangat bagus untuk kesehatan. Adapun manfaatnya, antara lain :

1.    Meningkatkan kekebalan tubuh

Dalam kecipir terdapat kandungan Antioksidan alami yang bermanfaat menangkal radikal bebas penyebab berbagai masalah kesehatan.

2.    Menyehatkan mata

Kandungaan vitamin A dan thiamin dalam kecipir sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata dan membuat pandangan mata lebih jernih.

3.    Bagus untuk ibu hamil dan menyusui

Kandungan asam folat, vitamin dan mineral penting yang tinggi dalam kecipir sangat bagus untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan menyusui.

4.    Menyehatkan tulang

Kecipir mengandung kalsium dan kalium yang sangat bermanfaat menjaga kepadatan tulang dan gigi  serta mencegah masalah yang berkaitan tulang.

5.    Mencegah anemia atau kurang darah

Kandungan zink atau seng dalam kecipir sangat bermanfaat untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit anemia atau kurang darah.

6.    Menjaga kesehatan kardiovaskular

Kandungaan Thianin dalam kecipir sangat bagus untuk membantu fungsi sistem kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah).

7.    Turunkan kolesterol jahat dan tingkatkan kolesterol baik

Dalam kecipir terdapat kandungan asam lemak tak jenuh, yakni asam linolenat yang berkhasiat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.
Selain yang disebutkan diatas, masih banyak manfaat yang lainnya. Setelah membaca penjelasan artikel yang berjudul Manfaat luar biasa kecipir bagi kesehatan diatas dapat  bermanfaat bagi kita semua. 

Baca Artikel Keren Lainnya
Manfaat Mengejutkan Buah Sukun Untuk Kesehatan
Manfaat Luar Biasa Kulit Rambutan untuk Kesehatan dan Kecantikan
Jangan Remehkan Ciplukan, Kenali Beragam Manfaat Sehatnya
Basmi Racun dan Kolesterol dengan Biji Pepaya
Manfaat Luar Biasa Kecipir untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown