Manfaat dan Efek Samping Seledri Bagi Kesehatan

Dari Buah dan Daun - Siapa sich yang tidak kenal dengan seledri? Seledri termasuk sayuran yang bermanfaat menyedapkan masakan. Biasanya seledri diiris tipis dan ditaburkan pada masakan, misalnya : sup, bakso, soto, mie goreng, dan lainnya. Ternyata selain menyedapkan masakan, seledri juga mengandung manfaat yang luar biasa untuk kesehatan dan kecantikan. Namun, dibalik beragam manfaatnya yang luar biasa untuk kesehatan, ternyata seledri juga bisa menjadi racun yang berbahaya bagi kesehatan. Hem, ingin tahu lebih banyak tentang manfaat dan efek samping seledri bagi kesehatan? Simak terus kelanjutannya dalam artikel ini yaa...

Kandungan Nutrisi Daun Seledri

Seledri termasuk satu jenis sayuran yang rendah kalori dan mengandung banyak nutrisi, diantaranya : serat non larut, antioksidan flavonoida, Vitamin A, Vitamin B1, B2, B6, Vitamin C, asam folat, niacin, dan riboflavin.

Manfaat Daun seledri untuk kesehatan dan kecantikan

Dari beragam nutrisi yang terkandung dalam daun seledri, ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan, diantaranya :

Mengobati mata kering

Kandungan vitamin A dalam daun seledri sangat bagus untuk mengobati mata kering. Caranya cukup mencampurkan seledri dalam masakan, jadikan jus, atau minum air rebusannya. Dengan perawatan rutin, maka mata Anda akan kembali segar dan sehat.

Atasi batuk dan gatal di tenggorokan

Seledri bisa juga membantu mengatasi masalah gatal di tenggorokan dan batuk yang mengganggu. Caranya cukup minum air rebusan seledri yang ditambah madu.

Membuat wajah segar dan awet muda

Seledri mengandung vitamin C dan antioksidan yang bermanfaat menangkal radikal bebas pemicu munculnya tanda-tanda penuaan dini. Caranya cukup menghaluskan seledri, kemudian menjadikannya sebagai masker wajah.

Menurunkan kadar kolesterol dalam darah

Seledri mengandung serat non larut dan juga rendah kalori yang bermanfaat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Mencegah kanker

Seledri merupakan sumber antioksidan alami, seperti : litein, betakaroten dan zea xanthin yang bermanfaat meningkatkan imunitas tubuh dan melindungi tubuh dari risiko penyakit kanker.

Menyuburkan rambut

Siapa sich yang meragukan khasiat daun seledri untuk rambut? Sudah banyak yang membuktikan jika kandungan alami dalam daun seledri snagat bermanfaat menebalkan dan menghitamkan rambut secara alami. Caranya cukup menghaluskan seledri dan menjadikannya sebagai masker rambut.

Efek Samping Daun seledri Bagi Kesehatan

Meski kaya akan nutrisi dan bagus untuk kesehatan dan kecantikan, namun daun seledri juga bisa membahayakan kesehatan, tertama jika dipanaskan ulang. Jadi, sebisa mungkin jangan memanaskan ulang olahan seledri, karena kandungan nitrat yang dipanaskan akan menjadi nitrit yang bersifat karsinogen (penyebab kanker)
Hem, dari sayuran yang terlihat sepele, ternyata mengandung manfaat yang luar biasa untuk kesehatan dan kecantikan.

Baca Artikel Keren Lainnya

Kenali Khasiat Bunga Kumis Kucing Untuk Kesehatan
Manfaat Luar Biasa Rebung untuk Sembuhkan Penyakit
Kupas Tuntas Manfaat Bayam Merah Bagi Kesehatan
Rahasia Manfaat Daun Sirsak untuk Diabetes
Manfaat dan Efek Samping Seledri Bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown