Manfaat Biji Kakao bagi Kesehatan Ginjal dan jantung

Dari Buah Dan Daun - Siapa sich yang tidak mengenal cokelat? Cokelat termasuk salah satu jenis makanan yang cukup populer karena rasanya yang lezat dan juga beragam manfaatnya. Meski tidak asing dnegan cokelat, namun tak semua orang tahu bagaimana bentuk buah cokelat yang sesungguhnya. Buah cokelat memiliki warna yang beragam, dari mulai merah, kuning, cokelat kemerahan, hingga putih. Nama asli buah cokelat adalah Kakao. Memiliki kulit yang tebal dan biji yang diselimuti daging buah yang lembut dan rasanya manis segar mirip buah manggis. Setelah dinikmati daging buangnya, maka bijinya tersebut yang nantinya diolah menjadi cokelat. Buah kakao bukan termasuk buah musiman, jadi bisa berbuah kapan saja. 
sumber gambar : logviva
Tahukah Anda, jika biji kakao mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan ginjal dan juga jantung. Tidak percaya? Simak langsung kelanjutan artikel Manfaat Biji Kakao bagi Kesehatan Ginjal dan jantung, berikut ini :

Biji Kakao sangat kaya antioksidan

Buah kakao mengandung antioksidan flavonoida yang sangat bermanfaat mendukung sistem kardiovaskular dan syaraf. Rutin mengonsumsinya dapat membantu menangkal bahaya radikal bebas dalam tubuh kita.

Biji kakao kaya akan mineral penting

Biji kakao sangat kaya akan kandungan mineral penting, diantaranya : kalsium, kalium, magnesium, belerang, zat besi, seng, tembaga, dan mangan. Semua kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan otak, tulang yang kuat serta membantu meregulasi tekanan darah dan detak jantung.

Biji Kakao mengandung senyawa penting yang bagus untuk kesehatan jantung

Dalam kakao terdapat kandungan senyawa penting, diantaranya : catechin dan flavanol epicatechi. Senyawa tersebut snagat bermanfaat untuk membantu meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah sehingga menurunkan risiko penyakit jantung.

Senyawa flavanol juga sangat baik untuk kesehatan ginjal

Senyawa flavanol dalam biji kakao sangat bermanfaat membantu meningkatkan vasodilatasi, yakni : kemampuan arteri dalam memperluas sirkulasi darah tanpa menimbulkan efek samping.
Ternyata ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari biji kakao ya? Akan tetapi ingat, manfaat tersebut tidak bisa kita peroleh dari cokelat olahan, karena kandungan senyawa flavanol snagat mudah hilang ketika diproses menjadi cokelat atau produk kakao lainnya. Bahkan, jika sudah diproses, cokelat akan mengandung gula tinggi sehingga justru berpotensi meningkatkan risiko penyakit diabetes tipe 2 dan gangguan ginjal serta jantung.

sumber : daribuahdaun.tk, merdeka.com
Manfaat Biji Kakao bagi Kesehatan Ginjal dan jantung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown