Sembilan Khasiat Sehat dalam Buah Jambu Biji

Dari Buah dan Daun - Buah jambu biji atau yang biasa disebut sebagai jambu batu, jambu klutuk ini memiliki nama latin Psidium guajava. Jambu biji sendiri memiliki daging buah yang berwarna merah dan juga putih dengan rasa yang manis agak asam. Meski harganya terbilang murah, namun jambu biji mengandung banyak gizi penting yang baik untuk kesehatan. Kandungan nutrisi jambu biji merah dan putih bisa dikatakan sama, hanya saja berbeda dalam zat warna merahnya yang bermanfaat untuk mengobati penyakit demam berdarah, yakni untuk meningkatkan trombosit dan mengganti sel darah merah.

Kandungan nutrisi dalam jambu biji

Buah Jambu mengandung banyak nutrisi, diantaranya :  Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, energy, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, zat besi, dan lainnya.

Manfaat sehat dalam jambu biji

Beragam kandungan nutrisi dalam jambu biji membuat buah yang satu ini mengandung beragam manfaat sehat, diantaranya :

Menurunkan tekanan darah tinggi

Kandungan serat dan mineral potasium dalam jambu biji sangat ampuh membantu menurunkan tekanan darah. Jadi, buah jambu biji sangat bagus dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Caranya bisa dikonsumsi langsung atau dijadikan jus.

Mengobati diare

Jambu biji mengandung zat astringent yang bermanfaat membantu menyusutkan jaringan dalam tubuh. Selain itu, dalam jambu biji mengandung anti bakteri, karetinoid dan potassium yang membantu menenangkan perut dan mengobati diare dengan efektif. Caranya cukup menikmati jambu biji secara langsung atau menjadikannya sebagai jus. Tapi hindari mencampur jus dnegan susu atau gula berlebih, karena dapat memperparah kondisi Anda.

Mengontrol berat badan

Kandungan serat, vitamin dan nutrisi penting dalam jambu biji dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Kondisi ini tentunya membuat berat badan Anda akan lebih terjaga.

Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A dan betakaroten dalam jambu biji sangat bermanfaat menjaga kesehatan mata.

Menyembuhkan Infeksi

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah Jambu biji bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat menyembuhkan penyakit akibat infeksi, seperti : flu, radang tenggorokan, dan lainnya.

Menjaga kadar kolesterol

Kandungan serat alami dalam jambu biji sangat bermanfaat menjaga kadar kolesterol dalam darah.

Mencegah penyakit kanker

Jambu biji merah kaya akan antioksidan tinggi seperti likopen yang bermanfaat melawan penyakit kanker.

Meredakan batuk dan flu

Buah jambu biji muda memang memiliki rasa agak sepat, akan tetapi sudah terbukti turun menurun dalam mengobati batuk dan flu. Biji jambu biji muda membantu mengurangi lendir yang menghambat saluran pernafasan.

Menjaga kecantikan kulit

Kandungan zat astringent dalam buah jambu biji membantu menenangkan kulit dan membuatnya lebih kencang. Selain itu kandungan anti aging dan antioksidan didalamnya juga membuat kulit Nampak kencang dan awet muda.

Setelah mengetahui informasi tentang manfaat sehat buah jambu biji diatas, masihkah Anda merasa enggan menikmatinya? Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.
Sembilan Khasiat Sehat dalam Buah Jambu Biji Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown