Sepuluh Rahasia Manfaat Dibalik Segarnya Buah Markisa

Dari Buah dan Daun - Sebagian dari Anda pasti tidak asing dengan buah markisa. Ya, buah yang berbentuk bulat dan memiliki banyak biji serta selaput kuning ini memiliki rasa agak asam dan aroma yang khas.  Buah Markisa mungkin bukan termasuk buah favorit Anda, akan tetapi ketika sudah diolah menjadi sirup, pastilah Anda akan tergoda dengan rasanya. Tahukah Anda jika ternyata ada banyak manfaat yang bsia kita dapatkan dari buah markisa, diantaranya untuk menjaga kecantikan dan mencegah serta mengobati beberapa penyakit berbahaya.

Kandungan nutrisi Buah Markisa

Meski buah Markisa tidak sepopuler buah jeruk, anggur, strawberry dan buah lainnya, namun untuk urusan nutrisi, buah Markisa tak jauh berbeda dengan buah-buah tersebut. Adapun kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah markisa, antara lain : protein, vitamin A, Vitamin B6, Vitamin B12, Vitamin C, Vitamin D, zat besi, kalsium, magnesium, kalsium, serat, kalium dan natrium, serta karbohidrat.
Manfaat Buah Markisa untuk Kesehatan dan kecantikan
Beragam kandungan nutrisi dalam buah markisa sangat bermanfaat menjaga kesehatan dan juga kecantikan Anda. Agar lebih jelasnya, berikut ini beragam manfaat buah markisa :

1.    Meningkatkan Sirkulasi Darah

Dalam buah markisa terdapat kandungan zat besi dan tembaga, dimana kedua hal ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan produksi sel darah merah. Akibatnya pembuluh darah akan melebar dan oksigen akan lebih leluasa mengalir ke area yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan sirkulasi darah yang lancar, maka tubuh akan jauh lebih sehat dan senantiasa bugar.

2.    Menjaga kesehatan pencernaan

Markisa mengandung serat alami yang tinggi sehingga sangat bermanfaat melancarkan sistem pencernaan, seperti : mengatasi sembelit dan susah buang air besar.

3.    Menjaga kesehatan mata

Markisa sangat kaya vitamin A dan berakaroten yang sangat bermanfaat untuk menjaga dan melindungi mata dari berbagai masalah serius, seperti : katarak, degenerasi macula, dan kebutaan.

4.    Menjaga kecantikan kulit

Kandungan antioksidan dan vitamin C daam markisa yang tinggi sangat bermanfaat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini, diantaranya : kerutan, keriput, bintik hitam dan lainnya. Selain itu, kandungan vitamin A didalamnya juga dapat menjaga kelembapan alami kulit dan membuatnya tampah cerah bersinar.

5.    Meningkatkan siatem imun tubuh

Kandungan vitamin C, karoten dan juga antioksidan dalam buah markisa sangat bermanfaat merangsang sel-sel darah putih dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Akibatnya, tubuh akan semakin kuat dalam menghadapi serangan penyakit, baik yang ringan maupun yang serius.

6.    Mencegah penyakit kanker

Markisa mengandung antioksidan tinggi yang menangkal radikal bebas pemicu kanker. Selain itu, kandungan vitamin A, senyawa fenolik dan flavonoida berkaitan dengan sifat anti kanker, sehingga cocok bagi Anda yang ingin terhindar dari penyakit mematikan ini.

7.    Mencegah dan mengatasi anemia

Kandungan zat besi dalam buah markisa sangat bermanfaat membantu pembentukan sel darah merah di dalam tubuh sehingga tidak hanya mencegah tapi juga mengatasi penyakit anemia.

8.    Mengontrol Tekanan Darah

Buah markisa sangat kaya akan kalium yang bermanfaat menenagkan pembuluh darah serta meningkatkan alirah darah sehingga tekanan darah lebih terkontrol.

9.    Mengatasi asma

Kandungan vitamin C yang tinggi dapat bermanfaat membantu memblokir histamine yang merupakan penyebab penyakit asma.

10.    Menenangkan saraf dan mengatasi insomnia

Kandungan dalam buah markisa dapat bermanfaat mengendurkan uraf saraf sehingga lebih tenang dan mudah tidur . Hal ini juga snagat berguna bagi penderita insomnia, karena jika pikiran tenang, maka mereka akan lebih mudah tidur.
Beragam manfaat sehat yang bisa didapatkan dari markisa diatas membuat kita tidak boleh mengabaikan keberadaan buah markisa. Semoga bermanfaat yaa!

Baca Artikel keren lainnya
Tujuh Manfaat Sehat Mengonsumsi Mentimun Setiap Hari
Delapan Makanan yang Efektif Melawan Demam Berdarah
Manfaat Biji Kakao bagi Kesehatan Ginjal dan jantung
Masya Allah, 10 Buah dan Sayur Ini Memiliki Bentuk Menyerupai Organ Tubuh manusia
Enam Manfaat Jambu Air untuk Kecantikan
Sepuluh Rahasia Manfaat Dibalik Segarnya Buah Markisa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown