Tujuh Manfaat Sehat Mengonsumsi Mentimun Setiap Hari

Dari Buah dan Daun - Mentimun termasuk satu sayuran yang memiliki rasa dan tekstur yang menyegarkan. Di Indonesia sendiri, mentimun biasa dijadikan lalapan, campuran aneka kuliner yang nikmat dari mulai rujak, gado-gado, acar dan lainnya. Tidak hanya menambah lezat suatu makanan, karena ternyata mentimun juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan dan kecantikan. Sebelum kita membahas tentang beragam manfaat mentimun, sebaiknya kenali dulu beragam kandungan nutrisi didalamnya. Diantara kandungan nutrisi  dalam mentimun, antara lain : Vitamin A, Vitamin B12, Vitamin B6, Vitamin C, Vitamin D, kalsium, magnesium, serat, protein, dan kalium yang tinggi.
sumber gambar : hellobacsi.com
 Beragam nutrisi dalam mentimun membuat Anda wajib mengonsumsinya  secara rutin setiap hari. Nah, agar lebih semangat mengonsumsi mentimun, simak beragam manfaatnya berikut ini :

•    Hilangkan bau nafas

Sering merasa cemas dengan bau badan setelah mengonsumsi makanan tertentu? Tidak perlu cemas, karena dengan makan mentimun, maka bau tidak sedap bisa dinetralisir dengan cepat dan membuat bau mulut Anda jauh lebih segar.

•    Mengurangi pusing

Sering merasa pusing setelah mengonsumsi makanan tinggi lemak? Ada beberapa makanan berlemak biasanya dilengkapi dengan acar mentimun, misalnya : sate, gulai, martabak, dan lainnya. Dengan mengonsumsi mentimun, rasa pusing tersebut akan mereda. Hal itu karena kandungan vitamin, gula dan juga elektrolit dalam mentimun yang membantu mengatasi masalah Anda.

•    Mengatasi sembelit dan konstipasi

Sering terganggu dengan masalah konstipasi atau sembelit? Dnegan mengonsumsi makanan kaya serat, masalah Anda akan cepat teratasi. Mentimun termasuk salah satu makanan yang kaya mineral dan serat yang ampuh membantu masalah Anda.

•    Menurunkan tekanan darah (hipertensi)

Kandungan kalium dan magnesium yang tinggi dalam mentimun sangat membantu menurunkan tekanan darah. Jadi, mentimun ini sangat wajib dikonsumsi oleh penderita hipertensi.

•    Turunkan kolesterol

Rutin mengonsumsi mentimun tidak hanya membantu menurunkan tekanan darah, akan tetapi juga mengikis lemak jahat dan kolesterol yang siap mengacaukan kesehatanmu. Hal ini karena kandungan sterol dalam mentimun yang sangat ampuh menurunkan kadar kolesterol jahat.

•    Penghilang racun (detoksifikasi)

Kandungan air yang melimpah dalam mentimun memiliki efek yang luar biasa untuk menghilangkan racun dalam tubuh dan mengeluarkan melalui keringat dan urine.

•    Mencegah kanker

Dalam mentimun terdapat kandungan nutrisi yang lengkap, termasuk lignin yang bermanfaat mencegah beragam jenis kanker yang mengancam jiwa Anda, misalnya : kanker ovarium, kanker payudara dan prostat.

•    Bagus untuk penderita diabetes

Dalam mentimun terdapat kandungan hormon yang bermanfaat memproduksi insulin pada sel-sel organ pancreas, sehingga membantu penderita diabetes lebih sehat.
Jika sudah memahami beragam manfaat yang ada pada mentimun, masihkah Anda enggan untuk mengonsumsinya? Semoga informasi yang berjudul Tujuh Manfaat Sehat Mengonsumsi Mentimun Setiap Hari diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Artikel Keren Lainnya
Sembilan Khasiat Sehat dalam Buah Jambu Biji
Manfaat Biji Kakao bagi Kesehatan Ginjal dan jantung
Masya Allah, 10 Buah dan Sayur Ini Memiliki Bentuk Menyerupai Organ Tubuh manusia
Rahasia Manfaat Dibalik Kesegaran Buah Timun Suri
Manfaat Luar Biasa Jambu Air bagi Kesehatan
Tujuh Manfaat Sehat Mengonsumsi Mentimun Setiap Hari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown