Jangan Remehkan Singkong, Ini Rahasia Manfaatnya untuk Kesehatan

Anda suka mengonsumsi singkong? Singkong biasa disebut sebagai ubi kayu atau ketela pohon yang merupakan alternative makanan pokok sumber karbohidrat selain beras. Meski sering dipandang sebelah mata, namun ternyata singkong bisa diolah menjadi makanan yang lezat dan berkelas. Singkong mengandung banyak nutrisi yang sangat bagus untuk kesehatan, diantaranya: karbohidrat, serat, protein, vitamin, dan mineral penting.

Manfaat Singkong Bagi Kesehatan Tubuh

Singkong mengandung beberapa nutrisi yang bagus untuk kesehatan tubuh, diantaranya :

1.    Mengandung kalori

Singkong mengandung kalori dua kali lipat dari kentang sehingga sangat bagus untuk dijadikan alternative sumber karbohidrat.

2.    Vitamin B kompleks

Singkong juga mengandung vitamin B kompleks, seperti : thiamin, riboflavin, folates, piridoksin (vitamin B-6) dan asam pantotenat, dimana manfaatnya adalah untuk membantu melancarkan produksi sel darah merah sehingga resiko anemia bisa diturunkan.

3.    Kaya Mineral penting

Singkong mengandung banyak mineral yang penting bagi tubuh, diantaranya : zat besi, magnesium, tembaga, seng dan mangan serta kalium. Manfaat mineral dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah sehingga jantung lebih sehat.

4.    Melancarkan pencernaan

Singkong mengandung serat alami yang tidak larut dalam air sehingga membantu menyerap endapan racun dan toksin dalam usus, melancarkan buang air besar dan menjaga kesehatan pencernaan.

5.    Rendah gluten

Singkong termasuk makanan yang rendah gluten sehingga sangat sehat dan bebas dikonsumsi oleh siapapun, termasuk penderita  penyakit celiac.

Efek samping Singkong bagi kesehatan

Meski banyak manfaatnya, namun kita juga wajib waspada karena ternyata dalam singkong juga terdapat senyawa yang bersifat racun, diantaranya : cyanogenic. Untuk menghindarinya, sebaiknya jangan konsumsi singkong dalam kondisi mentah, karena dapat sebabkan keracunan sianida yang ditandai dengan gejala, misalnya : mual, muntah, sakit kepala, sakit perut hingga kematian. Untuk mengurangi kandungan racun sianida dalam singkong, Anda bisa mengupas kulitnya hingga bersih dan jika perlu kerok bagian daging luarnya, pengeringan atau perendaman.
Semoga dengan memahami beragam khasiat dingkong diatas, kita tak lagi gengsi atau malu ketika hendak mengonsumsinya. Semoga bermanfaat yaa!

Jangan Remehkan Singkong, Ini Rahasia Manfaatnya untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: kreasi mama punya cerita