Manfaat Tanaman Kencana Ungu untuk Sembuhkan Diabetes

Dari Buah dan Daun - Pernahkah Anda mendengar tentang tanaman kencana ungu? Nama tanaman ini mungkin terdengar asing, namun hampir semua orang pasti pernah melihatnya, karena tanaman ini termasuk tanaman liar yang mudah tumbuh di sembarang tempat. Tanaman kencana ungu memiliki banyak sebutan, diantaranya : pletekan, pletikan, ceplesan dan lain sebagainya. Bagi anak-anak kecil, tanaman ini termasuk mainan yang menyenangkan, karena bijinya dapat meledak atau pecah (meletek, jawa) setelah dimasukkan air atau dikenai air liur. Dibalik keindahan bunga dan sensasi ledakan bijinya yang menyenangkan, ternyata Tanaman Kencana Ungu mengandung khasiat yang luar biasa untuk kesehatan, terutama : penyakit diabetes mellitus .
Jika banyak yang menyebutkan bahwa penyakit diabetes termasuk satu penyakit yang tidak bisa disembuhkan, maka Anda tidak perlu cemas, karena ada sebuah hadits yang menyebutkan jika setiap penyakit pastilah ada obatnya.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“ Tidaklah Allah menurunkan suatu penyakit, melainkan akan menurunkan pula obat untuk penyakit tersebut ” (H.R. Bukhari)
Nah, tanaman Kencana Ungu atau pletekan termasuk salah satu tanaman obat yang sangat bagus untuk penderita diabetes. Ingin tahu, apa sajakah manfaat tanaman Kencana Ungu untuk kesehatan? Simak terus kelanjutan artikel yang berjudul Manfaat Tanaman Kencana Ungu untuk Sembuhkan Diabetes, berikut ini :

Menormalkan kadar gula darah

Daun tanaman kencana ungu atau pletekan sangat bagus untuk menjaga kadar gula darah tetap dalam kondisi normal dan bisa juga menurunkan kadar gula darah yang tinggi pada penderita diabetes. Caranya : ambil satu genggam daun pletekan, rebus bersama air secukupnya. Saring dan minum secara teratur setiap pagi setelah sarapan dan sore hari. Perawatan secara rutin akan membuat penderita diabetes bisa hidup normal, tanpa perlu terapi insulin maupun ke rumah sakit lagi.

Melawan kanker

Daun dari tanaman kencana ungu mengandung senyawa polifenol dan akarnya mengandung flavonoida yang merupakan antioksidan terampuh yang membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas penyebab penyakit degeneratif, salah satunya : kanker.
Selain itu, tanaman Kencana ungu juga sangat bagus untuk mengatasi beberapa amsalah kesehatan, diantaranya : pereda nyeri (analgesic), antihipertensi, mengobati penyakit gonore, antipiretik, diuretic, dan lain sebagainya.

Jangan gunakan tanaman ini, Jika…

Meski tanaman ini sangat bermanfaat bagi penderita diabetes, namun harus diperhatikan kembali bagi penderita yang mengalami komplikasi ginjal. Karena dikhawatirkan dapat menimbulkan efek samping terhadap fungsi ginjal. Jadi, agar lebih amannya, pastikan Anda melakukan pemeriksaan terlebih dulu pada fungsi ginjal. 

Baca Artikel Keren Lainnya

Manfaat Luar Biasa Rebung untuk Sembuhkan Penyakit
Kupas Tuntas Manfaat Bayam Merah Bagi Kesehatan
Manfaat Tersembunyi Cabai Ijo untuk Jaga Kesehatanmu
Rahasia Manfaat Daun Angsana Untuk Kesehatan
Manfaat Tanaman Kencana Ungu untuk Sembuhkan Diabetes Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown